Minggu, 09 Mei 2010



KILAS BALIK TENTANG KOMPUTER
Nah sekarang kan lagi ngetrend ni orang-orang pada pake komputer, apakah kalian tau apa definisi lengkap dari komputer itu sendiri ?

* Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
* Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan dimemori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis

Dengan kata lain Komputer Adalah Mesin elektronik yang beroperasi dibawah kontrol dan instruksi yang disimpan dalam memorinya.atau dengan kata lain

* Menerima data
* Manipulasi data
* Menghasilkan output
* Menyimpan hasil

Yang disimpan berupa data dan informasi, apa itu data?? Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan(fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. sedangkan informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.

Data dan informasi tersebut diolah oleh komputer dan dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP) , Pada bagian ini ada input yang diproses kemudian jadilah output. Konsep inilah yang tidak akan terlepas dari sifat komputer. Mau nanti komputer tuh udah canggih juga tetep aja pake konsep yang beginian. Hueheuehu… :) !

Selanjutnya apa itu Hardware dan apa Itu Software, Kedua Komponen itu ibarat dua sejoli yang tidak dipisahkan yang mana satu sama lain saling berhubungan seperti Seorang ikhwan berasal dari bogor dan akhwat yang dari magelang keduanya ibarat dua sejoli ^_^!! Upsss.. Kok jadi Ngawur.. Yuk kita kembali ke laptop, nah begini Hardware ntuh adalah peralatan elektronis dan mekanis atau orang indo itu sering bilangnya Perangkat keras (Bukan berarti Sekeras Batu ya :p) , sedangkan software adalah instruksi-instruksi yang mengatakan kepada hardware bagaimana tugas tertentu itu dikerjakan orang indonesia c sering bilangnya perangkat lunak (Bukan berarti lunak kaya Pisang Goreng ya :-p.

Eh penonton tau gak kalau perangkat lunak itu memiliki beberapa tipe loh. dibawah ini adalah tipe dari perangkat lunak

1. Commercial-Off-the-Shelf (COTS)
2. Government-Off-the-Shelf (GOTS)
3. Legacy: ditulis dalam bahasa pemrograman ‘sebelumnya’
4. Cobol, PL/1 (Y2k/SNET), Fortran, etc. Kemudian C and C++!
5. Customized New Software
6. Client vs. Server Software
7. Database Management Systems/Applications

Nah loh pasti pada bingung kan apa sih definisi dari tipe-tipe perangkat lunak tersebut ?. nah berhubung materi kita tentang mengenal definisi komputer so jadi gak dibahas di tempat ini. Mungkin di lain post akan di bahas tentang definisi dari tipe perangkat lunak tersebut.
Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana sejarah komputer dari massa ke massa. klik gambar di bawah ini

Bila kita melihat sejarah tentang pembuatan komputer tentunya bentuk dan ukuran dari komputer tersebut tidaklah seperti sekarang ini akan tetapi sangatlah besar. Satu komputer saja bisa menghabiskan satu ruangan karena ukurannya yang sangat besar. Komputer memiliki kemampuan yang sangatlah menakjubkan dimana kecepatannya, ketepatannya serta daya ingatnya. dibawah ini adalah gambar mengenai kecepatan dan memori daripada komputer

Kecepatan

Memory (daya ingat)

So inilah penjelasan singkat mengenai sejarah komputer yang mudah2an bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar